Beranda Opini Calak Edu
Calak Edu
Melawan Korupsi Akademik PDF Print E-mail
Monday, 16 October 2017 15:12

“…Lagaknya bak profesor pemikir jempolan. Selintas seperti sibuk mencari bahan skripsi. Kacamata tebal, maklum kutu buku. Ngoceh paling jago, banyak baca Kho Ping Hoo. Bercerita temanku tentang kawan temannya. Nyatanya skripsi beli oh di sana…” (Teman Kawanku Punya Teman, Iwan Fals album Wakil Rakyat, 1987)

INTEGRITAS akademik ialah sebuah kemewah- an yang sulit dicapai. Ranah akademik, yang semestinya steril dari praktik kecurangan, justru menjadi ajang praktik-praktik yang mencederai semangat yang mengagungkan kejujuran dalam proses pencapaian. Sementara itu, budaya instan yang berlaku di masyarakat menambah dorongan bagi praktik menyimpang di dunia akademik. Integritas akademik dikesampingkan dan praktik korupsi akademik menjadi sesuatu yang jamak dan dianggap wajar.

Read more...
 
Penguatan Literasi Keilmuan PDF Print E-mail
Tuesday, 10 October 2017 08:48

Ada sedikit masalah di sekolah, wastafel mampet. Anak-anak kebingungan karena tidak segera dapat cuci tangan sehabis makan siang. Bapak dan ibu guru yang mendampingi juga terlihat kebingunan, apa yang harus dilakukan. Serta-merta salah seorang usul untuk segera memanggil tukang. Tukang datang masalah terselesaikan. Pertanyaannya adalah mengapa masalah yang sesederhana ini harus diselesaikan tukang, mengapa bukan anak-anak sendiri yang mencoba belajar menyelesai-kan persoalannya? Tampaknya para guru juga tidak memiliki cukup keterampilan untuk memperbaiki wastafel mampet.

Read more...
 
Membentuk Karakter lewat Permainan Tradisional PDF Print E-mail
Tuesday, 26 September 2017 09:39

Di era 1970-1990-an, anak-anak belum mengenal permain- an modern seperti Playstation, online game, internet, dan komputer. Anak-anak juga belum mengenal ponsel, apalagi smart phone. Televisi juga masih hitam putih. Anakanak bisa bermain bebas di luar bersama teman-teman, mereka bisa berinteraksi satu sama lain. Anak-anak saat itu cuma mengenal permainan engklek, pecah piring, lompat tali, dan beberapa permainan tradisional lain. Namun, anakanak merasa bahagia.

Read more...
 
Bermain Sebagai Pengalaman Belajar Autentik PDF Print E-mail
Monday, 25 September 2017 15:04

Jika kita kembalikan pada teori belajar sederhana yang dikembangkan KiHadjar Dewantara dalam Bagian Pertama: Pendidikan (1961), terlihat jelas, metode among siswa menggunakan latihan dan permainan dalam pembelajaran pancaindra untuk anak-anak sangatlah mencolok.

Read more...
 
School Leadership Behaviors PDF Print E-mail
Monday, 31 July 2017 09:12

Menjadi kepala sekolah bukanlah hal mudah bagi seorang guru. Predikat kepala sekolah sayangnya mengalami begitu banyak delegitimasi karena antara fakta dan cita-cita sering tidak seirama. Hal ini bermula dari pandangan birokrasi pendidikan kita yang memandang urusan pengangkatan kepala sekolah seperti model harta waris, diturunkan dari kebiasaan dan keturunan yang terus-menerus tanpa ada merit system yang baku sehingga kemampuan kepemimpinan seorang kepala sekolah tidak terdeteksi secara dini. Padahal, menjadikan seseorang sebagai kepala sekolah seharusnya dilakukan secara terbuka dengan indikator kepemimpinan yang ideal.

Read more...
 
Para Penjaga Pancasila PDF Print E-mail
Monday, 17 July 2017 09:25

ARI ini, proses bela- jar mengajar pada Akademi Bela Ne- gara Partai Nasional Demokrat (ABN-NasDem) resmi dimulai, setelah kemarin, Minggu, 16 Juli 2017, resmi dibuka Presiden Joko Widodo. Selama 75 hari efektif, sebanyak 48 mata kuliah akan diberikan simultan mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB. Beragam bentuk pendekatan dan strategi belajar mengajar selama perkuliahan akan diimplementasikan. Para mahasiswa dari seluruh wilayah RI yang merupakan kader Partai NasDem dibekali tiga aspek pengetahuan dan keterampilan di bidang kepribadian, kepartaian, dan kebangsaan.

Read more...
 
«StartPrev123NextEnd»

Page 1 of 3
Banner
Copyright © 2017 Sekolah Sukma Bangsa Pidie. All Rights Reserved.